Paris Cop21 : Masih Pembahasan Teknis Dan Kompilasi

Fri, 04 December 2015

Nomor : S. 790 /PHM-1/2015

Progress negosiasi COP 21 Paris terus diikuti perkembangannya dari tanah air. Tanggal 3 Desember meliputi Agenda Stocktaking Contact Group dengan Presiden COP 21 Menteri Luar Negeri Perancis, Laurent Fabiusm Presoden menyatakan bahwa 150 Leaders se-dunia telah menyampaikan clear message bahwa agreement harus sukses dan untuk itu maka negotiators harus sejalan dan committed dengan para pemimpinnya yang sudah memberikan guidance politiknya. 

Menurut Presiden C0P 21, kali ini kita tidak boleh kehilangan momentum. Selama ini kelambatan-kelambatan dalam mencapai kesepakatan harus dipercepat. Dengan proses politik yg sudah ada maka segera dilanjutkan dengan pembahasan berbagai dokumen dan muatan yg sudah dipersiapkan dalam diskusi- diakusi pre COP. Semua harus selesai dengan baik dan tepat waktu. Tentu dengan cara bekerja yang transparant dan inklusif.

Hari ini mulai dilakukan konsultasi-konsultasi Presidensi COP dengan berbagai group yang dipimpin oleh Dubes Perubahan Iklim Perancis Lacoste dan penasehat ahli presiden COP, Michael Cutajar. Isu yg dibahas berkenaan dengan format negosiasi, isu, transparansi dan time line serta upaya dan arah untuk kemajuan perundingan. 

Disisi lain G77 mengusulkan beberapa hal seperti meminta agar sekretariat segera mengkompilasikan hasil kerja beberapa hari terakhir untuk segera dibahas dalam spin off mulai pagi tadi. Selain itu memandang perlu di streamlined proliferasi kelompok kerja yang berjalan secara paralel antara spin off dan informasi. Hasil pembahasan kompilasi teks perlu di rekompilasi lagi pada hari Jumat mendatang untuk dibahas bersama Contact Group agar mudahkan co chairs dan sekretariat memformulasikan teks baru. Hari ini masih berlangsung pembicaraan teknis dan diperkirakan pembahasan tingkat menteri mulai dilaksanakan tanggal 7 Desember.

Penanggung jawab berita :

Eka W. Soegiri, Kepala Biro Hubungan Masyarakat; (No. HP.0816810859)

Melayani hak anda untuk tahu