Pemanfaatan Pekarangan Efektif Dukung Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Thu, 16 November 2017

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 16 November 2017. Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK – Manggala Agni Daops Tinanggea kembangkan teknik pemanfaatan pekarangan untuk mendukung pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pemanfaatan pekarangan secara efektif akan mengalihkan kebiasaan masyarakat yang membuka kebun baru dengan cara membakar. Metode ini dikembangkan dengan mengajak masyarakat sekitar kawasan hutan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai tepatnya di Desa Lapoa, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, KLHK, Raffles Panjaitan mengapresiasi segala bentuk inovasi yang bermanfaat yang dilakukan oleh Manggala Agni. Inovasi-inovasi itu tentunya sangat mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

"Pendekatan kepada masyarakat menjadi kunci penting dalam pencegahan karhutla. Masyarakat adalah pihak yang bersentuhan langsung dengan kawasan hutan atau lahan. Masyarakat diharapkan lebih bijak dalam menjaga hutan dan mengelola lahannya, seperti membuka lahan dengan tidak membakar,” tambah Raffles.

Berita selengkapnya klik disini

Melayani hak anda untuk tahu