Presiden RI , Menteri Kehutanan Dan Cristiano Ronaldo Tanam Mangrove Di Bali

Wed, 26 June 2013

SIARAN PERS
No: S. 283 /PHM-1/2013

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan pemain sepakbola Cristiano Ronaldo akan menanam mangrove pada hari Rabu, 26 Juni 2013 di Bali. Acara bertajuk Save Mangrove Save Earth 2013 ini juga akan dihadiri oleh para Duta Besar negara sahabat, para menteri/pimpinan lembaga non kementerian Kabinet Indonesia Bersatu II, serta berbagai tokoh masyarakat dan penggiat lingkungan.
Cristiano Ronaldo sebagai salah satu pesepakbola terbaik di dunia telah bersedia menjadi Duta Forum Peduli Mangrove Bali yang berarti juga sebagai Duta Mangrove Indonesia. Forum Peduli Mangrove merupakan sarana untuk menyatukan visi serta menjalankan misi perlindungan, pelestarian serta pemanfaatan mangrove.
Indonesia memiliki mangrove + 3,7 juta hektar yang merupakan terluas di Asia bahkan di dunia. Menurut berbagai penelitian hutan mangrove mampu menyerap emisi karbon sebesar 4-5 kali lebih besar dari pada hutan daratan. Oleh karena itu meskipun Indonesia hanya memiliki luas hutan mangrove + 2,0% dari total hutan Indonesia, namun mampu menyimpan carbon sebesar 10% dari semua emisi yang ada. Dengan demikian keberadaan hutan mangrove sangat mendukung upaya penurunan emisi gas rumah kaca sebanyak 26% dengan upaya sendiri dan 41% dengan kerja sama internasional pada tahun 2020 yang merupakan komitmen Indonesia di bawah pimpinan Bapak Presiden Susilo Bambang Yudoyono. Komitmen tersebut telah teraktualisasi dalam program-program pembangunan Kementerian Kehutanan termasuk dalam pengelolaan ekosistem mangrove yang berorientasi pada program terpadu dan berkelanjutan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Presiden No. 73 tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pengelolaan Ekosistem Mangrove Indonesia

Jakarta, 25 Juni 2013
Kepala Pusat Humas
u.b.
Kepala Bidang Pemberitaan dan Publikasi

Ttd.

Ir. Erna Rosdiana, M.Si
NIP. 19620331 198703 2 001

Melayani hak anda untuk tahu