Pulangnya Orangutan "Jono" dan Beruang Madu "Baddy" ke Kalimantan Tengah

Tue, 24 April 2018

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 24 April 2018. Proses translokasi 1 (satu) ekor Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dan 1 (satu) ekor Beruang Madu (Helarctos malayanus) dari Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tegal Alur – Tangerang, Banten ke Pusat Rehabilitasi Orangutan Care Center and Quarantine – Orangutan Foundation International (OCCQ – OFI) di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, berjalan lancar.

Orangutan Kalimantan yang diberi nama JONO dan Beruang Madu BADDY diterbangkan dari Bandara Soekarno Hatta pada hari Senin, tanggal 23 April 2018 pukul 09.00 WIB menuju Bandara Iskandar Pangkalan Bun dengan pesawat Trigana Air nomor penerbangan JL 708.

“Sejak jam 04.00 pagi telah dilakukan pembiusan terhadap Jono untuk memudahkan pemeriksaan Berat badan, sampel darah, gigi dan lain-lain. Jono dimasukkan ke dalam kandang angkut guna penyesuaian suhu, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke Bandara International Soekarno Hatta dari PPS Tegal Alur”, cerita Ahmad Munawir, Kepala Balai KSDA Jakarta dan tim yang menyertai keberangkatan “Jono” dan “Baddy”. Setelah pihak Bea Cukai dan Karantina Hewan melakukan pemeriksaan dokumen, dan dinyatakan lengkap, Jono dan Baddy diterbangkan.

Jono dan Baddy tiba di OCCQ-OFI dalam keadaan sehat dan langsung menempati kandang yang telah disediakan untuk beradaptasi. Selanjutnya, dilakukan proses serah terima satwa dari Balai KSDA Jakarta kepada Balai KSDA Kalimantan Tengah, yang selanjutnya diserahterimakan lagi kepada OCCQ - OFI.

Berita selengkapnya klik disini

Melayani hak anda untuk tahu