SehatSatli, Sistem Pelaporan Kesehatan Satwa Liar

Wed, 30 May 2018

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 30 Mei 2018.
Dalam upaya optimalisasi pencegahan penyakit zoonosis bersumber dari satwa liar, KLHK meluncurkan Sistem Pelaporan Kesehatan Satwa Liar (SehatSatli) di Jakarta, Rabu (30/5/2018). SehatSatli merupakan sistem pelaporan berbasis web tentang kejadian pada satwa liar yang disebabkan oleh perburuan, kecelakaan, maupun tentang penyakit zoonosis yang bersumber dari satwa liar.

Ketika meluncurkan sistem ini, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati KLHK Bambang Dahono Adji yang hadir mewakili Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), menyatakan SehatSatli merupakan langkah nyata dalam penanganan zoonosis (penyakit-penyakit dan infeksi yang secara alami dapat ditularkan dari hewan-hewan vertebrata ke manusia dan atau sebaliknya) dan Penyakit Infeksi Emerging (PIE) yang bersumber pada satwa liar.

“SehatSatli adalah wujud komitmen KLHK untuk mendukung pengembangan kapasitas teknis dan petugas lapangan dalam rangka pencegahan dan pengendalian zoonosis dan PIE tertarget dengan pendekatan One Health, melalui pengendalian bersama antara kesehatan manusia, kesehatan hewan, dan kesehatan satwa liar”, tegas Bambang.

Berita selengkapnya klik disini

Melayani hak anda untuk tahu