Sekretaris Jenderal Kementerian LHK Dikukuhkan sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Diklat Kepemimpinan Tingkat I Lembaga Administrasi Negara RI

Mon, 31 July 2017

Nomor : SP. 160/HUMAS/PP/HMS.3/07/2017

Jakarta, Biro Humas Kementerian LHK, Senin, 31 Juli 2017. Dalam sistem manajemen kepegawaian, pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Utama (Pejabat struktural eselon I) memainkan peranan yang menentukan dalam menangani isu-isu nasional strategis yang memerlukan penanganan lintas kementerian, lembaga atau wilayah. Disamping itu, sudah menjadi tugas pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Utama untuk meningkatkan kinerja sektor atau wilayah yang dipimpinnya melalui penetapan visi atau arah kebijakan sektor dan wilayah yang tepat.

Untuk dapat membentuk sosok pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Utama dengan kompetensi seperti tersebut di atas, diperlukan keikutsertaan calon pejabat atau yang telah menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Jabatan Pimpinan Tinggi Utama untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (DIKLATPIM) Tingkat I yang tujuannya untuk membekali peserta diklat dengan kompetensi yang dibutuhkan menjadi pemimpin visioner dan inovatif. 

Dalam penyelenggaraan Diklatpim Tingkat I yang sebelumnya dikenal dengan istilah Sekolah Pimpinan Tinggi (SPATI), peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan yang terkait dengan arah kebijakan sektor, wilayah, dan isu strategis nasional, dan selanjutnya memimpin perubahan tersebut hingga menimbulkan hasil yang signifikan. Kemampuan memimpin perubahan inilah yang kemudian menjadi tolok ukur dalam menentukan keberhasilan peserta tersebut dalam penyelenggaraan Diklatpim Tingkat I. 

Dalam rangka mengoptimalkan potensi dan memperkuat jejaring alumni Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat I pada Temu Alumni Diklatpim Tingkat I tanggal 29 Januari 2016 telah ditetapkan Tim Formatur untuk menentukan Ikatan Alumni Diklat Kepemimpinan Tingkat I Lembaga Administrasi Negara (IKA PIM I LAN), dan pada tanggal 28 Juli 2017 IKA PIM I LAN telah dikukuhkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, SE, M.Si. bersamaan dengan penutupan dan pelepasan peserta Pendidikan dan pelatihan Kepemimpinan Tingkat I Angkatan XXXV Tahun 2017 di Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Dr. Ir. Bambang Hendroyono, MM. Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) ditetapkan sebagai Ketua Umum, dengan Wakil Ketua Dr. Arminsyah, SH., M.Si. Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung sebagai Wakil Ketua, Drs Yasmon, M.L.S. sebagai Sekretaris Umum IKA PIM I LAN. Disamping itu telah dikukuhkan juga Koordinator dan anggota Bidang Humas dan Kerjasama, Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi, Bidang Sosial Kemasyarakat dan Kerohanian, Bidang Hukum dan Advokasi, Bidang Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia dan Perwakilan Daerah.

Menurut Asman Abnur, Diklatpim Tingkat I yang menjadi suatu motivasi aparat sipil negara (ASN) dan perubabahan yang didengung-dengungkan pada saat diklat dapat direalisasikan serta mengucapkan selamat kepada Pengurus Ikatan Alumni yang merupakan pengukuhan alumni yang pertama. Pengurus diminta dapat menjaga kekompakan sekaligus menjaga kualitas dari alumninya yang sekarang menjadi motor perubahan dan sekaligus sebagai penggerak terselenggaranya negara Republik Indonesia.
Asman Abnur juga menghimbau kepada alumni bahwa, dengan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 dan telah ditetapkan Peraturan Pemerintah tentang Manajemen ASN dan negara tidak akan maju kalau ASN dan birokrasinya hanya hanyut dengan urusan rutinitas saja, karena perubahan tidak datang dengan sendirinya dan harus datang dari komitmen dan keinginan untuk maju pemimpinnya. “Tidak semua orang mendapat kesempatan mengikuti Diklatpim Tingkat I dan jangan hanyut dalam urusan politik”, pesan Asman Abnur.

Di akhir arahannya, Asman Abnur menyampaikan bahwa, “Kita harus melakukan konsentrasi kepada efisiensi dan akuntabilitas kinerja, karena saat ini K/L hanya memperhitungkan serapan anggaran saja dan target opini BPK RI, padahal yang lebih penting dengan serapan yang tinggi dengan laporan dengan opini WTP dengan hasil kinerja yang baik”.

Setelah pengukuhan IKA PIM I, pada Temu alumni dilaksanakan bincang-bincang alumni dengan menghadirkan narasumber Ir. Priyantono Rudito, M.Bus, PhD, Strategic Management Advisor Menteri Pariwisata RI yang membawakan materi Pemimpin Perubahan Menjawab Tantangan Global dan Era Digital.

Pada akhir acara Bambang Hendroyono, menyampaikan bahwa, “Sampai dengan saat ini jumlah Alumni Diklatpim Tingkat I lebih 700 orang yang tersebar di seluruh Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Provinsi di seluruh Indonesia siap menjadi pemimpin perubahan di bidangnya dan dapat menjadi Model Transglobal Leadership (Model Kepemimpinan Transglobal)”.

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 
Djati Witjaksono Hadi - 081375633330

Melayani hak anda untuk tahu