Sepuluh Individu Orangutan Dilepasliarkan di Hutan Seruyan Kalteng

Fri, 21 June 2013

Pushumas Kemenhut , Seruyan : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan melepasliarkan sepuluh individu orang-utan, Jumat (21/6) di Hutan Seruyan DesaTanjung Hanau Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah. 

Sepuluh individu orangutan yang terdiri dari delapan individu orangutan betina dan dua individu orang-utan jantan itu dilepasliarkan setelah menjalani reintroduksi (rehabilitasi, karantina) selama 30 hari, dan pemeriksaan kesehatan menyeluruh di Orangutan Care Centre and Quarantine (OCCQ) di Pasir Panjang, lima kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Kota Waringin Barat, Pangkalan Bun.

Pelepasliaran ini dilakukan atas kerjasama Kementeran Kehutanan dengan Orangutan Foundation International (OFI) yang didukung oleh PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMART) dan Asia Pulp & Paper (APP) dan Yayasan Orangutan Internasional Kalimantan.

Turut serta dalam pelepasliaran bersama Menhut, President sekaligus pendiri OFI Biruté Mary Galdikas, Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar, Bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar, artis ibukota Pegy Melati Sukma, Olga Lydia serta jajaran Kementerian Kehutanan dan Muspida setempat.

Orangutan-orangutan yang sudah tinggal di OCCQ antara 1 tahun sampai 14 tahun dan mendapat latihan beradaptasi dengan alam liar itu langsung memanjat dan bergelantungan di pohon, menikmati habitat baru mereka hutan Seruyan yang berbatasan dengan kawasan hutan penyangga Taman Nasional Tanjung Puting .

Sebelum pelepasliaran Orangutan itu, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan melakukan peresmian Kamp Saluang Mas yang dibangun  PT Sinar Mas Tbk (SMART) dan Asia Pulp & Paper (APP) di Kecamatan Hanau, yang akan digunakan oleh Orangutan Foundation International (OFI) untuk melakukan pengawasan dan evaluasi pra dan pasca lepasliaran Orangutan.  (arset). FOTOPUSHUMAS/arset.


Caption Foto 1:
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan memberikan kata sambutan sebelum meresmikan Camp Seluang Mas dan melepasliarkan 10 individu orangutan di Desa Tanjung Hanau, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Jumat 21 Juni 2013.

Caption Foto 2:
Foto orangutan yang hidup bebas setelah dilepasliarkan di Hutan Seruyan Kalimantan Tengah, Jumat 21 Juni 2013.

Caption Foto 3:
Disaksikan oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan (paling kanan), dilakukan penandatanganan berita acara serah terima orangutan setelah reintroduksi dari pihak Presiden Orangutan Foundation Internasional (OFI) Dr. Birute Mary Galdikas (kedua dari kanan) kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah dan Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Kementerian Kehutanan, Jumat 21 Juni 2013.

Caption Foto 4:
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menandatangani prasasti peresmian Camp Seluang Mas di Desa Tanjung Hanau Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah. Keterangan foto (dari kiri ke kanan): Peggy Melati Sukma, Managing Director PT.Sinar Mas Gandi Sulistiyanto, Olga Lidya, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Presiden Orangutan Foundation International (OFI) Dr. Birute Mary Galdikas, Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar, Bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar.

Caption Foto 5, 6, 7, 8, 9,10:
10 orangutan kembali hidup bebas di Hutan Seruyan Kalimantan Tengah setelah Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan melepasliarkan dengan membuka kandang, disaksikan oleh Presiden Orangutan Foundation International (OFI) Dr. Birute Mary Galdikas, Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar, Bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar, serta artis Peggy Melati Sukma dan Olga Lidya.



Caption Foto 11:
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, saat memberikan keterangan pers kepada media pasca pelepasliaran 10 orangutan di Hutan Seruyan Kalimantan Tengah, Jumat 21 Juni 2013.

Caption Foto 12:
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan,  saat memberikan keterangan pers kepada media pasca pelepasliaran 10 orangutan di Hutan Seruyan Kalimantan Tengah, Jumat 21 Juni 2013.

Caption Foto  13:
Artis Peggy Melati Sukma dan artis Olga Lidya saat memberikan keterangan pers kepada media pasca pelepasliaran 10 orangutan di Hutan Seruyan Kalimantan Tengah, Jumat 21 Juni 2013.



Caption Foto 14:
Artis Olga Lidya saat memberikan keterangan pers kepada media pasca pelepasliaran 10 orangutan di Hutan Seruyan Kalimantan Tengah, Jumat 21 Juni 2013.


Caption Foto 15:
Foto orangutan yang hidup bebas setelah dilepasliarkan di Hutan Seruyan Kalimantan Tengah, Jumat 21 Juni 2013.

Melayani hak anda untuk tahu