Tanam 10.000 Pohon Di Ruas Tol Cikampek-Jakarta

Sat, 26 March 2016

Biro Humas KemenLHK, Cikampek : Sebanyak 10.000 pohon ditanam disepanjang jalan ruas tol serentak. Kegiatan Sinergi BUMN Hijaukan Negeri dilakukan , Sabtu (25/3) di KM 59 ruas jalan Tol Cikampek-Jakarta. Hadir pada kegiatan tersebut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan 70 Direksi BUMN. PT. Jasa Marga sendiri sudah menanam 2,2 juta pohon disepanjang jalan tol di seluruh Indonesia.

Siti Nurbaya menyatakan bahwa BUMN sebagai prime mover (penggerak utama) pertumbuhan ekonomi haruslah menjadi advance dalam upaya-upaya pelestarian lingkungan. Kegiatan pada hari ini telah menjadi bukti nyata terhadap hal tersebut. Lebih jauh Siti Nurbaya menegaskan bahwa kegiatan penanaman pohon berfungsi sebagai life support system (sistem penyangga kehidupan), diantaranya memperkuat sempadan jalan, menahan angin, membentuk iklim mikro, dan menambah estetika. Pada saat ini di Indonesia terdapat 24 juta ha degraded land (lahan kritis), dan yang dalam kondisi benar-benar kritis 5,5 juta ha.

Sementara itu Menteri BUMN Rini Soemarno dalam sambutannya meminta seluruh Direksi BUMN sebagai agent dari pembangunan, haruslah membangun negeri dan sekaligus melestarikan lingkungan. Rini Soemarno meminta para Direksi BUMM untuk dapat membantu menghijaukan negeri dan mengurangi 24 juta ha lahan kritis. Pembangunan infrastruktur mesti kita lakukan, tetapi pelestarian lingkungan secara bersamaan harus kita lakukan juga. Propinsi Jawa Barat akan dijadikan percontohan Sinergi BUMN Hijaukan Negeri.


Melayani hak anda untuk tahu