Temu Wicara Menhut dengan Petani H K m Lampung Barat

Fri, 16 November 2012



Pushumas Kemenhut, Jakarta : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan Zulkifli Hasan melakukan temu wicara dengan petani Hutan Kemasyarakatan (HKm), Jumat (16/12) di Balai Pertemuan Pekon (Desa) Tribudisyukur, Kec. Kebun Tebu, Kab. Lampung Barat. Acara dihadiri sekitar 500 peserta dari berbagai kelompok tani HKm, dan berbagai instansi pemerintah.

Dalam temu wicara tersebut Menteri Kehutanan mengajak masyarakat terutama yang hidup di dalam dan sekitar hutan untuk menjaga kelestarian hutan agar tidak terjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor di kemudian hari. Menurut Menhut Hutan Kemasyarakatan bisa dikelola dengan menjaga lingkungan tanpa membakar dan merusak hutan dan Kementerian Kehutanan siap memberi bantuan modal berupa Kebun Bibit Rakyat (KBR) senilai 50 juta per kelompok dan juga pinjaman dana bergulir 1 juta/ha yang pengembaliannya pada tahun ke-9 setelah usaha tersebut menghasilkan.

Pada akhir acara Menhut menyerahkan tiga unit Kebun Bibit Rakyat (KBR) kepada 3 kelompok tani Hutan Kemasyarakatan di Kecamatan Kebun Tebu, melihat produk-produk yang dihasilkan petani Hutan Kemasyarakatan (HKm) seperti kopi luwak, madu, olahan umbi-umbian . Menhut juga meninjau calon lokasi Hutan Kemasyarakatan (HKm) Center dan melakukan penanaman pohon dengan masyarakat. (FOTO PUSHUMAS /Daus/Arset/12).

Melayani hak anda untuk tahu