Tim Terpadu Terus Padamkan Kebakaran di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan

Mon, 14 August 2017

Kegiatan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui darat di Desa Sukarami, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan terus berlangsung sampai saat ini. Lokasi yang terletak pada koordinat S : 03.13530° dan E : 104.73387° ini, diperkirakan terbakar seluas ± 5 Ha, dan hingga Minggu kemarin (13/08/2017), sebagian areal lahan yang terbakar telah berhasil dipadamkan.

Pemadaman tersebut dilakukan oleh Tim Terpadu yang terdiri dari Polsek Pemulutan beserta jajarannya, Manggala Agni Daops Banyuasin, TNI, Polri, MPA/Satgas Desa, dan dukungan water bombing 2 unit Satgas Udara dari BNPB. Tipe kebakaran berupa kebakaran permukaan, dengan vegetasi semak belukar, belidang, dan purun, jenis tanah bergambut dengan kedalaman 30 cm. 

Setelah kurang lebih empat jam berjibaku dengan api, sejak pukul 14.00 WIB-18.20 WIB, tim berhasil memadamkan 3 titik dan sampai tadi malam (13/08/2017), masih tersisa 2 titik kebakaran. Hal ini dikarenakan jarak dari sumber air ke titik api cukup jauh ± 1 Km.

Belum diketahui siapa pemilik lahan yang terbakar tersebut, dan hingga saat ini Tim Terpadu terus berusaha mencari alternatif sumber air terdekat untuk memadamkan api di lokasi, karena lokasi kebakaran berjarak ± 2 Km dari sumber air. Tidak ketinggalan, upaya water bombing juga terus dilakukan.

Sebagaimana dilaporkan oleh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan, Genman Hasibuan, peristiwa karhutla ini diduga terjadi karena perbuatan oknum yang tidak bertanggung jawab, dan sampai saat ini pihak berwajib sedang melaksanakan investigasi lebih lanjut.

Berita selengkapnya klik disini

Melayani hak anda untuk tahu